LATAR BELAKANG BERDIRINYA HIMAPTI
Dr. Mulyadi, M.Pd.: Mendorong Lahirnya HIMAPTI sebagai Wadah Inovasi Mahasiswa FKIP UIM
Makassar — Sejak menjabat sebagai Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Dan Sastra (FKIPS) Universitas Islam Makassar (UIM) pada Agustus 2023, Dr. Mulyadi, M.Pd. dikenal sebagai sosok yang memiliki komitmen kuat terhadap penguatan mutu pendidikan dan pengembangan karakter mahasiswa. Di bawah kepemimpinannya, FKIPS terus berupaya menciptakan lingkungan akademik yang inovatif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan zaman.
Berbekal pengalaman panjang di dunia pendidikan, Dr. Mulyadi menaruh perhatian besar terhadap pentingnya organisasi kemahasiswaan sebagai ruang pembelajaran nonformal. Baginya, organisasi bukan hanya tempat berproses, tetapi juga wadah pembentukan nilai kepemimpinan, kreativitas, dan tanggung jawab sosial.
Salah satu wujud nyata dari semangat pembinaan tersebut adalah lahirnya Himpunan Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi (HIMAPTI), sebuah organisasi yang mewadahi mahasiswa program studi Pendidikan Teknologi Informasi di FKIPS UIM. HIMAPTI berdiri sebagai bentuk respon terhadap perkembangan teknologi digital yang menuntut mahasiswa tidak hanya menguasai teori, tetapi juga mampu berinovasi dan berkolaborasi dalam praktik.
HIMAPTI dibentuk dengan visi untuk menciptakan mahasiswa PTI yang unggul, berdaya saing, dan beretika. Organisasi ini memiliki misi mengembangkan potensi keilmuan dan keterampilan mahasiswa di bidang teknologi, memperkuat solidaritas antar mahasiswa, serta menjadi motor penggerak kegiatan sosial dan pendidikan berbasis teknologi di lingkungan kampus maupun masyarakat.
Sejak berdiri, HIMAPTI aktif menggelar berbagai kegiatan, mulai dari seminar teknologi, pelatihan literasi digital, hingga program pengabdian masyarakat berbasis IT. Seluruh kegiatan tersebut menjadi bukti nyata komitmen HIMAPTI untuk menghadirkan “Perubahan yang Berdampak” sesuai dengan nilai-nilai yang ditanamkan oleh FKIPS UIM.
Dekan FKIPS UIM, Dr. Mulyadi, M.Pd., menegaskan bahwa HIMAPTI diharapkan mampu menjadi wadah penggerak inovasi mahasiswa, khususnya di bidang pendidikan teknologi informasi.
“Mahasiswa harus berani berinovasi dan berkolaborasi. Dunia pendidikan membutuhkan generasi yang tidak hanya paham teori, tetapi juga mampu menciptakan solusi digital yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya dalam salah satu kegiatan akademik FKIPS UIM.
Kini, HIMAPTI terus berkembang menjadi organisasi yang solid, kreatif, dan berorientasi pada kemajuan teknologi. Dukungan penuh dari pihak fakultas menjadi fondasi kuat bagi HIMAPTI untuk terus berkontribusi dalam menciptakan iklim akademik yang dinamis serta melahirkan mahasiswa yang kompeten di bidang pendidikan dan teknologi.
Kamal, S.Pd., M.Pd.: Membangun Spirit Inovasi Mahasiswa Melalui HIMAPTI
Makassar — Sosok Kamal, S.Pd., M.Pd., dikenal sebagai salah satu dosen muda yang berperan besar dalam perkembangan Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Makassar (UIM). Dengan semangat akademik yang tinggi dan dedikasi terhadap dunia pendidikan, beliau kini menjabat sebagai Ketua Program Studi PTI, posisi yang dijalankannya dengan visi untuk melahirkan tenaga pendidik dan inovator muda di bidang teknologi informasi yang berakhlak dan berdaya saing.
Kamal, S.Pd., M.Pd. merupakan figur pendidik yang menaruh perhatian besar terhadap pentingnya integrasi antara pendidikan, teknologi, dan karakter islami. Dalam pandangannya, kemajuan teknologi harus diimbangi dengan nilai moral dan tanggung jawab sosial agar menghasilkan lulusan yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga beretika dan bermanfaat bagi masyarakat.
Sejak awal menjabat sebagai Ketua Prodi PTI, Kamal aktif mendorong mahasiswa untuk tidak sekadar menjadi pengguna teknologi, tetapi juga pencipta perubahan melalui inovasi dan karya nyata. Gagasan inilah yang kemudian melahirkan semangat untuk membentuk wadah yang mampu menampung potensi, aspirasi, dan kreativitas mahasiswa PTI — yang kini dikenal sebagai Himpunan Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi (HIMAPTI).
HIMAPTI berdiri atas dasar kesadaran kolektif mahasiswa dan dosen bahwa perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat menuntut adanya ruang pembelajaran di luar kelas. Di bawah bimbingan langsung dari Kamal, S.Pd., M.Pd., lahirlah sebuah organisasi yang menjadi simbol kolaborasi antara mahasiswa, dosen, dan fakultas untuk bersama-sama membangun atmosfer akademik yang produktif dan inovatif.
Dalam proses pendiriannya, HIMAPTI tidak hanya dirancang sebagai organisasi formal, tetapi juga sebagai komunitas belajar dan berkarya. Kamal melihat bahwa mahasiswa PTI memiliki potensi besar untuk berkontribusi dalam dunia pendidikan berbasis teknologi, namun diperlukan ruang yang menumbuhkan kreativitas, solidaritas, dan rasa tanggung jawab sosial.
Melalui HIMAPTI, mahasiswa PTI diarahkan untuk aktif dalam berbagai kegiatan seperti seminar teknologi, pelatihan digital literacy, workshop perangkat lunak pendidikan, hingga pengabdian masyarakat berbasis IT. Semua kegiatan tersebut menjadi wadah aktualisasi diri dan sarana membangun budaya akademik yang kuat di lingkungan FKIP UIM.
Bagi Kamal, HIMAPTI bukan sekadar organisasi, melainkan bagian dari perjalanan panjang menuju “Perubahan yang Berdampak.” Ia meyakini bahwa setiap mahasiswa memiliki potensi untuk menjadi agen perubahan di era digital. Dengan dukungan fakultas dan pembinaan yang berkelanjutan, HIMAPTI diharapkan mampu mencetak mahasiswa yang tidak hanya kompeten dalam bidang teknologi informasi, tetapi juga mampu menerapkan ilmunya untuk kemaslahatan masyarakat.
“HIMAPTI adalah rumah bagi mahasiswa untuk belajar, berkarya, dan berkontribusi. Dari sinilah kita membangun generasi pendidik dan teknologi yang siap menghadapi masa depan,” ujar Kamal, S.Pd., M.Pd. dalam salah satu kegiatan pembinaan mahasiswa PTI.
Kini, HIMAPTI terus tumbuh menjadi organisasi yang solid dan progresif. Di bawah arahan Kamal, S.Pd., M.Pd., HIMAPTI menjadi bukti nyata bahwa kolaborasi antara dosen dan mahasiswa dapat melahirkan inovasi dan semangat perubahan di dunia pendidikan teknologi.
Himpunan Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi (HIMAPTI) lahir dari semangat kebersamaan dan cita-cita luhur untuk membangun ruang aktualisasi bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi. Organisasi ini resmi didirikan pada 17 Desember 2023, sebagai wadah pengembangan potensi, intelektualitas, dan solidaritas mahasiswa dalam bidang teknologi pendidikan di era digital yang terus berkembang.
Pendirian HIMAPTI berawal dari keinginan sekelompok mahasiswa dan alumni yang melihat pentingnya sebuah lembaga mahasiswa yang mampu menjadi jembatan antara dunia akademik, pengembangan diri, dan kontribusi sosial. Dari gagasan tersebut, terbentuklah sebuah komitmen bersama untuk melahirkan organisasi yang berlandaskan nilai profesionalitas, kolaborasi, dan inovasi.
Melalui musyawarah dan diskusi panjang, lahirlah HIMAPTI dengan para pendiri yang memiliki dedikasi tinggi terhadap dunia pendidikan , yaitu:
Majelis Nur Alam, S.Pd., Muh Idris, S.Pd., Rusdi Gandi, S.Pd., Andi Muhammad Ilham, S.Pd., Haryono Tatroman, S.Pd.,
Para pendiri inilah yang menjadi tonggak awal terbentuknya HIMAPTI sebagai organisasi mahasiswa yang visioner dan berorientasi pada kemajuan keilmuan serta pengabdian kepada masyarakat. Dengan dasar semangat kekeluargaan, HIMAPTI bertekad untuk menjadi wadah aspirasi dan penggerak perubahan di lingkungan kampus, khususnya dalam bidang teknologi informasi dan pendidikan.
Sejak berdirinya, HIMAPTI terus berkembang menjadi organisasi yang aktif, progresif, dan adaptif terhadap perkembangan zaman. Tidak hanya sebagai ruang berorganisasi, HIMAPTI juga menjadi rumah bagi para mahasiswa untuk belajar kepemimpinan, menumbuhkan kreativitas, serta memperkuat solidaritas antar civitas akademika.
Dengan semangat “Bersatu dalam Inovasi, Bergerak untuk Perubahan,” HIMAPTI terus berkomitmen untuk melahirkan generasi pendidik dan teknolog yang berintegritas, berdaya saing, dan siap berkontribusi bagi kemajuan pendidikan Indonesia.
Kanda sahabatwati Sri Ramadhani
Dalam suasana yang hangat dan penuh semangat kekeluargaan, nama Sri Ramadhani muncul sebagai sosok yang dinilai paling tepat memimpin HIMAPTI pada periode perdana. Kepemimpinannya dianggap mampu memadukan nilai intelektualitas, semangat kolaborasi, dan keteguhan dalam mewujudkan cita-cita HIMAPTI sebagai wadah pengembangan mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi.
Terpilihnya Sri Ramadhani bukan semata hasil pilihan, tetapi juga cerminan kepercayaan kolektif para pendiri terhadap figur yang memiliki komitmen tinggi terhadap kemajuan organisasi. Dalam sambutannya pasca terpilih, beliau menegaskan bahwa HIMAPTI akan berdiri bukan hanya sebagai organisasi formal, melainkan sebagai rumah belajar, ruang perjuangan, dan tempat bertumbuh bagi setiap mahasiswa yang ingin berkontribusi nyata.
AKTIFITAS SELAMA KEPENGURUSAN
Pemateri Kanda Sahabat Ashar dede Saputra S.Pd
Sebagai salah satu langkah nyata dalam mewujudkan visi HIMAPTI sebagai wadah pengembangan kreativitas dan kompetensi digital, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi (HIMAPTI) melaksanakan program kerja bertajuk “Kelas Design” sebuah kegiatan pelatihan yang berfokus pada peningkatan kemampuan desain grafis dan visual mahasiswa.
Program ini menghadirkan Kanda Sahabat Ashar Dede Saputra, S.Pd, salah satu alumni inspiratif sekaligus praktisi di bidang desain pendidikan, sebagai pemateri utama. Dengan pengalamannya yang luas dalam dunia desain dan pengajaran, beliau berhasil membangun suasana pelatihan yang edukatif, interaktif, dan inspiratif.
Kegiatan “Kelas Design” bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan praktis kepada mahasiswa agar mampu beradaptasi dengan tuntutan dunia digital yang semakin kreatif dan kompetitif. Melalui kegiatan ini, peserta diajak memahami dasar-dasar desain grafis, prinsip estetika visual, hingga penerapan langsung menggunakan perangkat lunak desain seperti Canva dan Adobe Illustrator.
Dalam penyampaiannya, Kanda Sahabat Ashar Dede Saputra menekankan bahwa desain bukan hanya soal tampilan, tetapi juga komunikasi visual yang memiliki nilai pesan dan makna. Ia mendorong peserta untuk berani bereksperimen, menumbuhkan rasa estetika, serta menjadikan desain sebagai media untuk menyampaikan ide dan identitas diri.
“Desain adalah bahasa universal. Melalui visual, kita bisa menyampaikan gagasan tanpa batas,” ujar Kanda Ashar dalam salah satu sesi penyampaian materi.
12 OKOTBER 2024 PROKER KEDUA
Kepala Program Studi PTI Ayahanda Kamal, S.Pd., M.Pd.
Dalam rangka memperkuat pemahaman mahasiswa terhadap arah dan esensi keilmuan di bidang Pendidikan Teknologi Informasi, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi (HIMAPTI) menyelenggarakan program kerja bertajuk “Diskusi Jurusan”. Kegiatan ini menghadirkan Ayahanda Kamal, S.Pd., M.Pd., selaku Kepala Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, sebagai narasumber utama.
Program ini menjadi salah satu agenda penting HIMAPTI yang bertujuan membuka ruang dialog antara mahasiswa dan pihak program studi. Melalui diskusi ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami lebih dalam tentang arah pengembangan jurusan, peluang karier di bidang pendidikan teknologi informasi, serta peran strategis mahasiswa dalam mengembangkan kualitas akademik dan profesionalisme di era digital.
Dalam penyampaian materinya, Ayahanda Kamal, S.Pd., M.Pd. menekankan pentingnya mahasiswa untuk memiliki kesadaran akademik, semangat kolaboratif, dan kepekaan terhadap perkembangan teknologi. Beliau juga menjelaskan visi jurusan Pendidikan Teknologi Informasi sebagai program studi yang mencetak calon pendidik dan profesional yang adaptif terhadap perubahan zaman.
“Mahasiswa PTI bukan hanya belajar teknologi, tetapi juga bagaimana menjadi pendidik yang mampu mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran yang bermakna,” ujar Bapak Kamal dalam sesi diskusi.
PROKER KETIGA 26-28 FEBRUARI BONTO BUNGA MOCONGLOE , MAROS
Himpunan Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi (HIMAPTI) sukses melaksanakan salah satu program kerja unggulan bertajuk ETIC (Education Technology in Camp). Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari penuh di Bonto Bunga, Moncong Loe, Kabupaten Maros, dan diikuti oleh mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Islam Makassar dengan penuh antusiasme dan semangat kebersamaan.
Kegiatan ETIC dirancang sebagai program pengembangan kompetensi yang menggabungkan pembelajaran akademik, pelatihan praktis, serta penguatan kelembagaan mahasiswa. Selama tiga hari pelaksanaan, para peserta mengikuti serangkaian agenda padat yang meliputi materi, evaluasi, dan praktik langsung di lapangan.
Kegiatan dibuka dengan suasana penuh semangat di area perkemahan Bonto Bunga. Setelah pembukaan resmi oleh panitia dan pengurus HIMAPTI, sesi pertama diisi dengan materi Microteaching yang dibawakan oleh Bapak Kamal, S.Pd., M.Pd., selaku dosen sekaligus Kaprodi Pendidikan Teknologi Informasi.
Dalam materinya, beliau menekankan pentingnya kemampuan pedagogik dan komunikasi digital bagi calon pendidik masa depan. Peserta diajak untuk memahami bagaimana teknologi dapat diintegrasikan secara efektif dalam proses pembelajaran.
Memasuki hari kedua, suasana semakin dinamis dengan hadirnya Bapak Nur Alamsyah, S.Pd., M.Pd., yang membawakan materi Robotika. Beliau memperkenalkan dasar-dasar teknologi robotika dan penerapannya dalam dunia pendidikan modern. Peserta berkesempatan mempraktikkan langsung penggunaan komponen robotik sederhana, memicu rasa ingin tahu dan kreativitas mahasiswa.
Sesi berikutnya dilanjutkan oleh Kanda Sahabat Alif, yang membawakan materi Website Development. Dalam sesi ini, peserta diperkenalkan pada konsep dasar pembuatan dan pengelolaan website sebagai media pembelajaran digital. Mahasiswa diajak untuk memahami pentingnya kehadiran teknologi web dalam menunjang dunia pendidikan abad ke-21.
Pada hari terakhir, kegiatan diawali dengan materi suplemen kelembagaan yang dibawakan oleh Kanda Sahabat Haryono Tatroman, S.Pd.. Materi ini berfokus pada pentingnya memahami struktur organisasi, etika berlembaga, dan nilai-nilai tanggung jawab dalam menjalankan amanah kepengurusan.
Sebagai penutup, Kanda Sahabat Muh Amin C.DM., C.C.C. memberikan materi Administrasi Digital, yang menyoroti penerapan teknologi dalam tata kelola dokumen dan sistem administrasi organisasi secara efisien.
Selain kegiatan materi, ETIC juga diwarnai dengan aktivitas kebersamaan seperti evaluasi kelompok, refleksi malam, dan sesi penguatan karakter. Para peserta tidak hanya belajar teori dan praktik, tetapi juga membangun solidaritas dan jiwa kepemimpinan yang menjadi fondasi HIMAPTI.
Ketua Umum HIMAPTI, Kanda Sahabatwati Sri Ramadhani, menyampaikan bahwa ETIC merupakan simbol dari semangat belajar tanpa batas.
SAHABAT FAIZ RAMADHAN